Jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Dan Penempatan Yang Tepat Di Rumah

jenis fire alarm system

Jenis alat pemadam api ringan (APAR) – Menjaga keamanan rumah dalam keadaan baik adalah kewajiban bagi setiap penghuni rumah. Anda bisa memilih security yang kompeten untuk menjaga rumah dari bahaya kriminalitas. Dan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menjaga rumah dengan berbagai jenis alat pemadam api ringan (apar) untuk rumah Anda.

Mengenal Jenis Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

jenis alat pemadam api ringan
Berbagai jenis alat pemadam api ringan (APAR)

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat pemadam api yang berukuran kecil dan dirancang untuk digunakan oleh orang awam untuk menangani kebakaran kecil. Ini dapat dengan mudah dipindahkan, mudah digunakan, dan tidak memerlukan banyak ruang. APAR tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan karena itu dapat digunakan untuk menangani berbagai jenis kebakaran.

APAR terdiri dari beberapa komponen utama, termasuk tabung karbon dioksida, tangki air, dan tabung buih. Tabung karbon dioksida memiliki semprotan yang mengandung gas karbon dioksida yang berfungsi untuk memadamkan api. Tangki air dipasang di bagian atas tabung dan berisi cairan yang dapat memadamkan api. Tabung buih dapat menghasilkan busa untuk memadamkan api lebih lanjut.

APAR juga dilengkapi dengan mekanisme yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikannya dengan mudah. Biasanya, mekanisme tersebut meliputi tangan atau pedal, yang akan mengeluarkan gas karbon dioksida atau cairan dari tabung dengan menekan. Semua alat pemadam api ringan harus memenuhi persyaratan standar yang telah ditetapkan oleh badan pengatur.

Ada lima jenis utama alat pemadam kebakaran :

  1. Air.
  2. Bubuk.
  3. Busa.
  4. Karbon Dioksida (CO 2 ).
  5. Kimia basah.

Setiap jenis mudah dikenali dari nama, warna, dan terkadang selangnya. Tergantung pada ukurannya, beberapa mungkin tidak dilengkapi dengan selang fleksibel, seperti busa yang lebih kecil atau alat pemadam semprotan air aqua.

Cara Kerja Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

jenis alat pemadam api ringan
Photo by Oluwaseun Duncan on Pexels.com

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah peralatan yang digunakan untuk memadamkan kebakaran. Alat ini terdiri dari berbagai komponen yang berfungsi untuk mendeteksi asap dan api, mengontrol jumlah oksigen, dan menyemprotkan bahan fire-retardant untuk memadamkan kebakaran.

APAR terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu nozzle, selang, tabung, dan selang pengisian. Nozzle berfungsi untuk menyemprotkan bahan fire-retardant, selang terhubung dengan tabung dan berfungsi untuk mengalirkan bahan fire-retardant ke nozzle. Tabung berisi bahan fire-retardant dan berfungsi untuk menyimpan bahan fire-retardant. Selang pengisian berfungsi untuk mengisi ulang tabung dengan bahan fire-retardant.

APAR juga dilengkapi dengan sistem deteksi api dan asap. Sistem ini terdiri dari sensor yang dipasang di sekitar APAR yang dapat mendeteksi asap dan api ketika terjadi kebakaran. Jika terdeteksi, sistem ini akan mengaktifkan APAR dan menyemprotkan bahan fire-retardant untuk memadamkan kebakaran.

Alat ini sangat penting untuk memastikan bahwa kebakaran dapat dipadamkan dengan cepat dan aman. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adalah alat yang sangat efektif untuk membantu dalam mencegah dan memadamkan kebakaran.

Dari berbagai jenis alat pemadam api ringan ini Anda bisa menyesuaikan mana yang cocok untuk rumah. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Simak tips lainnya di google news.

Tinggalkan Balasan